Labels

Sekolah Dasar Islam Terpadu

Sekolah Dasar Islam Terpadu

Sekolah Dasar Islam Terpadu Pada hakekatnya adalah sekolah yang mencoba untuk mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berdasarkan al-quran dan as Sunnah, di dalam kegiatan operasional sekolah Islam terpadu merupakan akumulasi dari proses pengembangan atau penggalian dari ajaran agama Islam dengan mencermati perkembangan peradaban Islam dari generasi ke generasi.

Istilah islam terpadu di dalam Sekolah Dasar Islam Terpadu dimaksudkan sebagai penguat atau ciri khas dari Islam itu sendiri, yang bermaksud untuk mengimplementasikan ajaran Islam secara menyeluruh hal ini menjadi semangat utama dalam gerakan dakwah di bidang pendidikan yang berusaha melawan segala bentuk sekularisme liberalisme dan ajaran-ajaran yang merusak agama Islam.

Di dalam aplikasinya Sekolah Islam Terpadu bisa diartikan sebagai sekolah yang mencoba menerapkan penyelenggaraan pendidikan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi satu jaringan kurikulum.

Dengan pendekatan ini mata pelajaran yang diajarkan serta kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran Islam serta memiliki nilai-nilai syariat Islam sebagai bentuk dakwah kepada peserta didik sehingga mereka tidak hanya memiliki kecerdasan secara pendidikan umum namun juga memiliki pondasi agama Islam yang baik.

Sekolah Dasar Islam Terpadu juga menekankan keterpaduan di dalam metode pembelajaran Sehingga peserta didik bisa mengoptimalkan kreativitas dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan memacu optimalisasi pemberdayaan otak kiri dan otak kanan.

Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah yang memiliki arti bahwa Sekolah Islam Terpadu mencoba untuk mengupayakan mendidik Semua murid-muridnya menjadi anak yang berkembang dengan memiliki kemampuan akal, adab dan intelektual yang baik.

Dengan terus berupaya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Allah Subhanahu wa ta'ala sehingga terciptalah Akhlak Yang Mulia dan memiliki keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekolah Islam Terpadu berusaha mengajarkan pembiasaan pembiasaan islami kepada para peserta didik Sehingga peserta didik diharapkan bisa menjalani kehidupan sehari-harinya dengan akhlak dan adab yang baik yang tentu saja bisa mendatangkan pahala bagi peserta didik tersebut.

Sekolah Dasar Islam Terpadu memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif dari para pelaku di dalamnya yaitu sekolah sebagai sarana pembelajaran, utama rumah dan masyarakat sebagai sarana pembelajaran pendukung bagi peserta didik dengan pendekatan optimalisasi dan sinkronisasi peran guru, orang tua dan masyarakat di dalam proses pembelajarannya.

Di dalam Sekolah Dasar Islam Terpadu, orang tua dilibatkan secara aktif terutama untuk membiasakan atau mengaplikasikan pembelajaran-pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah dalam kehidupan peserta didik di rumah, sehingga pembelajaran pembelajaran tersebut bisa bermanfaat bagi peserta didik tersebut.

Yang intinya adalah Sekolah Islam Terpadu berusaha untuk menyelenggarakan sistem pendidikan yang memadukan ajaran Islam dengan pengetahuan umum sehingga terjadi keseimbangan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik yang diharapkan bisa bermanfaat dalam kehidupan peserta didik di masa yang akan datang.




Search : brosur sdit , kurikulum sekolah dasar islam terpadu , pengertian sekolah dasar islam terpadu
perbedaan sdit dan sd islam , program kerja komite sekolah dasar islam terpadu , sdit , sdit insan kamil