Labels

Pembelajaran Bahasa Arab di Dalam Kelas

Berikut ini daftar ungkapan-ungkapan bahasa pembelajaran tersebut:

  1. Dengarkan baik-baik! ( اِسْتَمِعُوا جَيِّدًا ).
  2. Ulangi ucapanku! ( أَعِدْ كَلَامِي ).
  3. Siapa yang absen? ( مَنْ غَائِبٌ ؟ ).
  4. Tolong, hapus papan tulisnya! ( لَوْ سَمَحْتَ ، اِمْسَحِ السَّبُّوْرَةَ ).
  5. Apakah ada pertanyaan? ( هَلْ مِنْ سُؤَالٍ ؟ ).
  6. Saling tanya jawablah! ( تَبَادَلُوا السُّؤَالَ وَالجَوَابَ ).
  7. Lihatlah ke papan tulis! ( اُنْظُرُوا إِلَى السَّبُّوْرَةِ ).
  8. Jangan ada yang berbicara! ( لَا أَحَدَ يَتَكَلَّمُ ).
  9. Angkat tanganmu! ( اِرْفَعْ يَدَكَ ).
  10. Siapa yang punya jawaban? ( مَنْ عِنْدَهُ جَوَابٌ ؟ ).
  11. Dimana spidolnya? ( أَيْنَ قَلَمُ الحِبْرِ ؟ ).
  12. Dimana penghapusnya? ( أَيْنَ الطَّلَّاسَةُ ؟ ).
  13. Apakah kamu terlambat? ( هَلْ أَنْتَ مُتَأَخِّرٌ ؟ ).
  14. Kenapa kamu terlambat? ( لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ / تِ ؟ ).
  15. Kenapa kamu absen kemaren? ( لِمَاذَا غِبْتَ / ـتِ أَمْسِ ؟ ).
  16. Buku milik siapa ini? ( لِمَنْ هَذَا الكِتَابُ ؟ ).
  17. Tas milik siapa ini? ( لِمَنْ هَذِهِ الحَقِيْبَةُ ؟ ).
  18. Tempat pensil milik siapa ini? ( لِمَنْ هَذِهِ المِقْلَمَةُ ؟ ).
  19. Tutup buku kalian! ( أَغْلِقُوا كُتُبَكُمْ ).
  20. Buka buku kalian! ( اِفْتَحُوا كُتُبَكُمْ ).
  21. Kerjakan latihan di halaman 20! ( اِعْمَلُوا التَّدْرِيْبَ فِي صَفْحَةِ عِشْرِيْنَ ).
  22. Besok, kita ada ulangan. ( غَدًا ، عِنْدَنَا اِمْتِحَانٌ ).
  23. Dimana bukumu? ( أَيْنَ كِتَابُكَ ؟ ).
  24. Dimana penamu? ( أَيْنَ قَلَمُكَ ؟ ).
  25. Siapa yang bertanya? ( مَنْ يَسْأَلُ ؟ ).
  26. Apa yang kamu katakan? ( مَاذَا قُلْتَ ؟ ).
  27. Apakah penjelasanku jelas? ( هَلْ بَيَانِي وَاضِحٌ ؟ ).
  28. Kumpulkan buku tulis kalian! ( اِجْمَعُوا دَفَاتِرَكُمْ ).
  29. Jangan ada yang menyontek! ( لَا أَحَدَ يَغِشُّ ).
  30. Kerjakan sendiri-sendiri! ( اِعْمَلُوا بِأَنْفُسِكُمْ ).
  31. Ulangi pertanyaanmu! ( أَعِدْ سُؤَالَكَ ).
  32. Kamu bagus! ( أَحْسَنْتَ / ـتِ ).
  33. Apakah kalian faham? ( هَلْ فَهِمْتُمْ ؟ ).
  34. Tunggu aku sebentar! ( اِنْتِظِرْنِي لَحْظَةً ).
  35. Tulis yang ada di papan tulis! ( اُكْتُبُوا مَا فِي السَّبُّوْرَةِ ).

Bagaimana cara mengajarkan kalimat-kalimat di atas kepada murid/santri?

Pertama: Jika Anda seorang guru, cukup ucapkan sebagian kalimat di atas dengan menyesuaikan kondisi. Misalkan kalimat ( مَنْ غَائِبٌ ؟ ), itu diucapkan ketika Anda akan mengabsen murid-murid. Dan ulangi kalimat tersebut setiap memulai pelajaran. Sampai tidak asing di telinga dan diserap dengan baik.

Kedua: Anda tidak perlu menulis semua kalimat-kalimat yang telah saya sebutkan pada papan tulis. Jangan bebani mereka untuk menyalinnya, biarkan semuanya berjalan secara natural dan alami. Yang dibutukan hanya konsistensi untuk mengulang.



Source: http://www.belajarbahasaarab.org/2015/10/bahasa-pembelajaran-di-dalam-kelas.html